LKTD : Siapkan Generasi Penerus IPRA



 LATIHAN KEPEMPIMPINAN TINGKAT DASAR


Pada hari Selasa, 27 November 2012 IPRA (Ikatan Pelajar Putra) MA YKUI Maskumambang telah mengadakan LKTD (Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar) yang di tunjukkan kepada calon-calon pengurus IPRA periode 2013. Agenda tersebut dilaksanakan di Aula Putra P.P. Maskumambang dengan peserta perwakilan masing-masing kelas MA. Acara dimulai pada pukul 08.00WIB s/d 14.00 WIB.

Acara berlangsung cukup ramah, dengan dimulai pembukaan oleh mas Tamin selaku MC, kemudian dilanjutkan dengan tilawah oleh mas Hilal. Selanjutnya sambutan oleh ketua panitia oleh mas Romis, mas Romis menegaskan supaya teman-teman yang terpilih mewakili kelasnya untuk mengikuti acara ini dengan serius, sehingga nanti mendapatkan gambaran bagaimana cara berorganisasi yang baik, dan bermanfaat untuk memajukan IPRA di periode mendatang.

Kemudian diirngi sambutan oleh ustadz Ihsanul Haris selaku Waka Kesiswaan untuk mewakili kepala sekolah,  beliau memberikan harapan besar bagi calon-calon penerus IPRA untuk meningkatkan peran IPRA secara berkesinambungan dengan cara mengikuti LKTD dengan baik dan serius, karena materi yang akan disampaikan merupakan modal yang akan mengatarkan para calon-calon penerus IPRA menjadi pemimpin yang baik dan bagaimana cara mengolah sebuah organisasi.

Setelah itu agenda dilanjutkan dengan acara inti, yaitu pemaparan materi tentang 'Leadership'. Pemberian materi ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama di sampaikan oleh Ustadz Ahmad Sholihan yang mengupas tentang "Pemimpin Ideal", kemudian acara dilanjutkan dengan istirahat dan sholat dhuha. Sebagai pembawa materi kedua Ustadz Kharisun tampil begitu energik dengan tema "Teknik Kepemimpinan Nabi Muhammad", tak jarang beliau juga memberi selingan berupa guyonan-guyonan yang  memang ciri khasnya. Penyampaian materi kedua berlansung hingga saat dhuhur tiba.

Setelah sholat dhuhur, akhir acara di isi dengan game oleh para anggota IPRA, game yang pertama dibawakan oleh mas Indra dengan tema 'Membaca Pikiran', kemudian di susul oleh mas Athif dengan tema 'Kekompakan dan Kepatuhan', selanjutnya acara di tutup dengan pemilihan kandididat yang akan dicalonkan sebagai ketua IPRA di periode 2013. Dari data yang dipilih peserta LKTD terbaca bahwa kandidat kuat calon ketua IPRA selanjutnya masing-masing adalah : Ali Fikri, Rois, Ruli, Fery, Faqih, dan Kun. Keenam kandidat yang dipilih beserta datanya kemudian dikirim ke pihak sekolah untuk diseleksi. Dari ke enam kandidat tersebut akan muncul empat calon ketua IPRA yang akan bertanding di Pemilihan ketua IPRA periode 2013 di bulan Desember mendatang.

Alhamdulillah, meski sederhana, tapi acara yang ditemani sepotong donat dan nasi kotak tersebut berjalan dengan lancar dan penuh ukhuwah. Ali Fikri