Laporan Ketua Umum

LAPORAN KETUA UMUM

Yth. Bapak Staf Non Formal
Yth. Bapak Kepala Madrasah Aliyah
Yth. Bapak Waka kesiswaan
Ketua Musyawarah Pengurus Kelas
Saudara-saudara rekan pengurus IPRA serta seluruh peserta Musyawarah Pengurus Kelas yang berbahagia.
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kesempatan kepada kita untuk menghirup udara yang sejuk di pagi hari ini. Karena berkat rahmat, nikmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul untuk menghadiri Musyawarah Pengurus Kelas ini, berjama’ah, bermuroja’ah, mencoba mengintropeksi serta memperbaiki keadaan organisasi hingga seterusnya.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Yang karena perjuangan beliau dan para sahabat yang pantang menyerah dalam menyebarkan Agama Islam, sehingga kita yang ada dimajlis ini dapat merasakan nikmatnya Iman dan Islam.
Bapak Pembina dan seluruh peserta MPK yang saya hormati,                                          
Pada tanggal 29 Desember 2011 bertempat di MA maskumambang dan dalam majlis yang tak jauh beda dengan sekarang ini, secara mufakat dan resmi saya terpilih menjadi ketua umum Ikatan Pelajar Putra (IPRA) MA YKUI Maskumambang masa bhakti 2012. Dan tepat pada hari Kamis, 21 Januari 2012 kami secara resmi dilantik dan disumpah untuk melanjutkan tongkat estafet kepengurusan IPRA. Hal ini merupakan sebuah amanah agung dan mulia yang diembankan di pundak kami.
Berpijak pada hal tersebut dan mengingatkan kita pada hadits Rasulullah: “Setiap kamu adalah pemimpin dan akan di mintai pertanggung jawaban terhadap apa yang di pimpinnya”. Maka kami selaku pengurus IPRA masa bhakti 2012 akan mempertanggung jawabkan segala aktivitas dan tugas yang telah kami lalui selama menjabat sebagai pengurus.
Hadirin yang terhormat.
Ada beberapa poin yang akan kami sampaikan sebelum kami menjelaskan secara rinci tentang LPJ kami:

Pertama
Dalam merumuskan program kerja, Kami tidak terlalu mematok target yang terlalu tinggi (terlalu muluk-muluk). Kami mencoba untuk melakukan perencanaan sesuai dengan kemampuan kami sebagai pengurus melihat situasi dan kondisi yang ada. Namun hal ini bukan menjadikan kami selalu saja menjalankan program kerja IPRA yang terdahulu, Kami berupaya mengembangkan program kerja yang kami laksanakan sehingga ada beberapa perubahan dalam program kerja kami, hal ini kami maksudkan supaya program kerja IPRA tidak terkesan hanya mengikuti program-progam IPRA terdahulu.  

Kedua
Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami demi terlaksananya program kerja selama kepengurusan kami:
1.      Bapak Staf Non Formal dan Staf Kemadrasahan dan instansi lain yang ada di Pondok Pesantren Maskumambang.
2.      Ustadz Ahmad Sholihan, S. Pd., M. Si, selaku Kepala Madrasah Aliyah YKUI Maskumambang dan penasehat selama kepengurusan kami.
3.      Ustadz Ihsanul Haris, S. Pd, selaku Waka Kesiswaan yang selalu bersedia meluangkan waktunya untuk membimbing kami.
4.      Jajaran pengurus IPRA periode 2012 yang telah mengorbankan tenaga, harta dan pikiranya demi suksesnya kepengurusan IPRA.
5.      Seluruh murid MA YKUI Maskumambang yang senantiasa ikut berpartisipasi dan mendukung pada semua kegiatan kami

Ketiga
Tentunya dalam kepengurusan kami banyak sekali hambatan-hambatan dalam program kerja kami, serta banyak yang tak bisa terlaksana dengan baik. Diantara faktor-faktornya adalah:
1.      Ketidakmampuan saya selaku ketua IPRA dalam memberikan dorongan motivasi dan semangat kepada rekan-rekan pengurus. Serta kurang berpengalamannya saya sebagai ketua IPRA, mungkin karena saya belum pernah menjabat sebagai seorang pemimpin selama karir keorganisasian saya.
2.      Sedikit sekali rasa saling bekerjasama antar pengurus, inilah yang menyebabkan kurang maksimalnya program kerja IPRA yang kami laksanakan.
3.      Kurangnya pertisipasi, minat dan dorongan para pengurus dan anggota dalam mengikuti kegiatan kami.
4.      Munculnya pihak-pihak tertentu yang mencoba menggembosi para pengurus dan anggota dalam menjalankan kegiatan kami.
5.      Munculnya sikap egois dari pengurus yang lebih mementingkan urusan pribadi dari pada urusan organisasi.


Keempat
Selama menjalani kepengurusan, bisa kami menyimpulkan bahwa ada beberapa hal pokok yang harus dimiliki oleh seorang pengurus IPRA, diantaranya:
1.      Kemampuan : pengetahuan tentang organisasi IPRA itu sendiri, maka untuk menjadi seorang pengurus haruslah belajar dari waktu kewaktu.
2.      Pengorbanan : sebagai pengurus tentunya banyak sekali yang harus dikorbankan, baik itu waktu, tenaga, harta maupun pikiran. Sebab hal tersebut adalah suatu amanah yang harus diemban.
3.      Visi/tujuan : segala sesuatu pasti memiliki tujuan, begitu juga sebagai pengurus IPRA harus memiliki tujuan untuk maju kedepan.
4.      Kesabaran : tentunya nanti saudara akan mengalami hambatan dan gangguan, baik itu intern maupun ekstern, cacian, cela’an, hinaan dan lain-lain. Untuk itu dibutuhkan sikap kesabaran ekstra.
5.      Keikhlasan : segala daya dan upaya yang kita curahkan untuk mengurus organisasi haruslah dilandasi dengan keikhlasan, sebab tanpa keikhlasan maka semua yang kita lakukan akan sia-sia saja. Sebab tujuan utama kita beramal hanyalah untuk mengharapkan ridho Allah SWT.
6.      Ketekunan  : dalam menjalankan kepengurusan IPRA hal terpenting adalah ketekunan kita dalam menjalankan setiap kegiatan, karena bila hal ini belum terpenuhi program kerja kita hanya akan sia-sia dan hanya akan berjalan setengahnya.

Kelima
Atas nama ketua IPRA periode 2012 saya mengharap agar para peserta MPK untuk memperhatikan LPJ kami dengan seksama. Apakah semua program kerja kami sesuai atau tidak di lapangan, yang kemudian dijadikan sebagai pengalaman berharga demi perbaikan, perkembangan, dan kejayaan IPRA dimasa mendatang.
Selanjutnya secara terperinci akan disampaikan LPJ dari masing-masing Departemen secara berurutan. Sekian dari saya, atas perhatian dan partisipasi saudara saya ucapkan terima kasih.
Gresik, 19 Desember 2012
Ketua IPRA


     Athif

0 komentar: